Beberapa orang memandang segala sesuatu sebagai sebuah tanda. Sedangkan orang-orang lain tidak memandang segala sesuatu sebagai sebuah tanda. Kita harus menghindari kedua hal yang ekstrem tersebut. Tapi tanda-tanda itu penting. Bagaimana jika tidak ada tanda harus berhenti? Rambu-rambu jalan? Tanda peringatan supaya berhati-hati? Tanda peringatan batas kecepatan? Tanda peringatan tegangan tinggi?

Tanda berfungsi untuk menjaga ketertiban dan mencegah kekacauan di dalam kehidupan sehari-hari. Tanda-tanda profetik bahkan lebih penting lagi. Dan tanda-tanda itu bermunculan di seluruh dunia, menunjuk kepada segera datangnya Messias Yeshua.

Tanda-tanda berfungsi sebagai “kilasan dari pertunjukan besar yang datang.” Mereka bukan pertunjukan utama, tapi mereka menunjuk ke situ. Tanda-tanda memberikan sekilas petunjuk dari apa yang akan terjadi di masa depan.

Sekilas Tanda-tanda

Sejak tahun 1970-an, para pengajar nubuat Alkitab mengajarkan bahwa pada waktu-waktu terakhir dari Hari-hari Terakhir, tanda-tanda ini akan menjadi semakin jelas:

  1. Fokus dunia akan mengarah di Timur Tengah.
  2. Russia akan mulai bersekutu dengan negara-negara Muslim utama (aliansi Gog dan Magog).
  3. Israel akan dikepung oleh bangsa-bangsa yang hendak memusnahkannya.
  4. Anti-Semitisme (Anti Yahudi) akan meningkat secara dramatis.
  5. Penyesatan iman Kristen akan merajalela.
  6. Kekacauan politik akan meningkat, dan tokoh politik dengan solusi yang masuk akal akan bangkit (Anti-Kristus).
  7. Kelaparan hebat akan terjadi di berbagai belahan dunia.
  8. Akan ada peperangan dan kabar-kabar perang, terutama di Timur Tengah dan Israel.
  9. Epidemi dan pandemi (virus, wabah penyakit) akan menyebar luas.
  10. Gempa bumi dan bencana alam akan meningkat dalam frekuensi dan intensitas.
  11. Teknologi akan semakin canggih dengan tingkatan yang menakjubkan.
  12. Terorisme akan menempati berita-berita utama.
  13. Akan ada revolusi abnormal dalam hal seksual dan materialisme, dan moralitas akan dijungkirbalikkan.
  14. Perselingkuhan, bertambah-tambahnya masalah dalam keluarga dan penolakan terhadap firman Elohim akan menjadi umum.
  15. Kebangkitan rohani yang sesungguhnya oleh Roh Kudus akan muncul sementara sisa-sisa orang-orang percaya yang saleh berfokus kepada Tuhan Yeshua dan kuasa-Nya.

Tanda-tanda yang sering dikhotbahkan itu kini telah bergabung bersama-sama dengan kecepatan seperti angin badai. Tapi seperti bunyi alarm pada jam weker atau smartphone, banyak orang memilih untuk mematikannya dan kembali tidur. Tanda-tanda bisa menggelisahkan, dan tidak menyenangkan. Namun entah bagaimana, kita ingin percaya bahwa: “Mungkin kita masih punya beberapa tahun atau dekade lagi sebelum nubuat-nubuat ini datang terjadi.” Tetapi bukti-bukti mengatakan bahwa itu semua sudah ada di depan mata kita sekarang.

Yeshua berjanji, “Demikian pulalah kamu, ketika kamu melihat semua ini, kamu mengetahui bahwa dia sudah dekat, di ambang pintu. Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Generasi ini sekali-kali tidak akan berlalu, sampai semua ini terjadi.” (Matius 24:33-34)

Generasi yang menyaksikan tanda-tanda ini terjadi secara bersamaan dan secara global akan menjadi bagian dari generasi terakhir, dan mereka mungkin akan mengalami peristiwa kedatangan Messias Yeshua yang sudah lama ditunggu-tunggu. Sementara para pengikut Yeshua akan berjalan dengan pengharapan, iman dan kekuatan besar, orang-orang lain di luar Kristus hanya akan merasakan penderitaan dan kesusahan pada hari-hari mendatang.

Tanda-tanda Akhir Zaman dari Kitab Ezra

Kitab 2 Esdras, atau yang juga dikenal sebagai Kitab 4 Ezra atau Kitab Wahyu Ezra, merupakan bagian dari literatur Apokaliptik Yahudi yang mengungkapkan detail-detail luar biasa yang sinkron dengan tanda-tanda yang disebutkan oleh Tuhan Yeshua menjelang kedatangan-Nya. Kitab 2 Esdras dimasukkan dalam kanon Alkitab terjemahan bahasa Inggris yang pertama, King James Version tahun 1611, namun belakangan kitab-kitab ini disingkirkan. Kitab 2 Esdras masih diakui sebagai kanon Alkitab oleh Gereja Orthodox Gregorian, Armenian Apostolic, Orthodox Syria, Orthodox Ethiopia.

Dalam kitab ini dituliskan tentang Ezra yang mendapatkan penglihatan tanda-tanda Kedatangan Messias pada Akhir Zaman.

Tuhan Yeshua mempersamakan tanda-tanda kedatangan-Nya itu seperti penderitaan rasa sakit bersalin (Yunani: odin) sebelum datangnya Zaman Messias,

Markus 13:7-8 (ILT) Dan, bilamana kamu mendengar peperangan dan kabar-kabar tentang perang, janganlah ketakutan, karena seharusnyalah itu terjadi, tetapi belum kesudahannya. 8. Sebab, bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan. Dan akan terjadi gempa bumi di berbagai tempat dan akan terjadi kelaparan dan kekacauan. Inilah awal penderitaan (Yunani: odin)!

Matius 24:7-8 (ILT) Karena bangsa akan dibangkitkan melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan. Dan akan terjadi kelaparan dan wabah penyakit, dan gempa bumi di berbagai tempat. 8. Dan semua ini merupakan awal penderitaan (Yunani: odin).

Kata “penderitaan” di sini menggunakan kata Yunani “odin” (G5604), yang artinya: rasa sakit bersalin, penderitaan waktu melahirkan, rasa sakit yang datangnya tiba-tiba, kesusahan mendalam yang berhubungan dengan malapetaka-malapetaka yang mendahului kedatangan Messias.

Berikut ini “Tanda-tanda Kedatangan Messias” menurut Kitab 2 Esdras.

2 Esdras 5:1-10

  1. “Sekarang mengenai tanda-tanda: lihatlah, hari-harinya akan datang ketika mereka yang tinggal di bumi akan dicekam dengan kengerian yang besar, dan jalan kebenaran akan tersembunyi, dan negeri itu akan mandul iman.
  2. Dan kefasikan akan bertambah-tambah melampaui apa yang engkau sendiri telah lihat, dan melampaui apa yang engkau dengar sebelumnya.
  1. Darah akan menetes dari pohon-pohonan, dan batu-batu akan mengeluarkan suaranya (gemuruh gempa bumi, tanah longsor, erupsi gunung berapi?); bangsa-bangsa akan kesusahan, dan bintang-bintang akan berjatuhan (hujan meteor, asteroid).
  2. Dan seseorang akan memerintah (Anti-Kristus?), dia yang oleh mereka yang diam di bumi tidak harapkan, dan burung-burung akan terbang jauh bersama-sama;
  1. Akan ada kekacauan juga di banyak tempat, dan api akan seringkali menyembur (erupsi vulkanik?), dan binatang-binatang liar akan menjelajah melampaui wilayah mereka, dan wanita-wanita yang menstruasi akan melahirkan monster-monster (program hybridisasi alien-manusia?).
  2. Dan air asin akan didapati tawar, dan semua teman-teman akan menaklukkan satu sama lain; lalu akal sehat menyembunyikan dirinya sendiri, dan hikmat akan menarik diri ke dalam kamarnya,
  3. dan itu akan dicari oleh banyak orang tetapi tidak akan ditemukan, dan kefasikan dan hawa nafsu akan bertambah-tambah di bumi.

2 Esdras 6:18-28

  1. Dan itu berkata, “Lihatlah, hari-harinya akan datang, dan akan terjadi bahwa ketika Aku datang mendekat untuk melawat penduduk bumi,
  2. dan ketika Aku menuntut dari para pelaku kefasikan hukuman dari kejahatan mereka, dan ketika penghinaan Zion telah genap,
  3. dan ketika meterai ditempatkan pada zaman yang akan berlalu, maka Aku akan menunjukkan tanda-tanda ini: kitab-kitab akan dibuka di hadapan cakrawala, dan semua akan melihatnya bersama-sama.
  1. dan sangkakala akan berbunyi nyaring, dan ketika semua mendengarnya, mereka tiba-tiba akan ketakutan.
  2. Pada waktu itu teman-teman akan berperang melawan teman-teman seperti musuh-musuh, dan bumi dan semua penghuninya akan ketakutan, dan sumber-sumber mata air akan diam berdiri, sehingga selama tiga jam mereka tidak akan mengalir.
  3. “Dan akan terjadi bahwa siapa pun yang tersisa sesudah semua yang Aku nubuatkan kepadamu, dirinya sendiri akan diselamatkan dan akan melihat keselamatan-Ku dan akhir dari dunia-Ku.
  4. Dan mereka akan melihat orang-orang yang diangkat ke atas (rapture?), mereka yang sejak kelahiran mereka belum merasakan kematian; dan hati penduduk bumi akan berubah dan diubah menjadi roh yang berbeda.

2 Esdras 9:1-8

  1. Dia menjawab aku dan berkata, “Timbanglah baik-baik dalam pikiranmu, dan jika engkau melihat bahwa bagian tertentu dari tanda-tanda yang dinubuatkan ini berlalu,
  2. maka engkau akan tahu bahwa itu adalah waktu ketika Yang Mahatinggi hendak melawat dunia yang telah Dia buat.
  3. Maka ketika muncul di dunia gempa-gempa bumi, kerusuhan bangsa-bangsa, tipu daya bangsa-bangsa, kebimbangan para pemimpin, kebingungan para penguasa,
  4. maka engkau akan tahu bahwa adalah hal-hal ini Yang Mahatinggi telah katakan dari sejak hari-hari zaman purbakala, dari permulaannya.
  1. Dan akan terjadi bahwa setiap orang diselamatkan dan dapat meloloskan diri karena perbuatan-perbuatannya, atau karena iman yang olehnya ia telah percaya,
  2. akan selamat dari bahaya-bahaya yang telah dinubuatkan, dan akan melihat keselamatan-Ku di negeri-Ku dan di dalam perbatasan-perbatasan-Ku, yang telah Aku kuduskan bagi diri-Ku sendiri dari sejak permulaan.

2 Esdras 13:29-35

  1. Lihatlah, hari-harinya akan datang ketika Yang Mahatinggi akan membebaskan mereka yang ada di bumi.
  2. Dan kebingungan pikiran akan datang ke atas mereka yang diam di bumi.
  3. Dan mereka akan berencana untuk berperang melawan satu sama lain, kota melawan kota, tempat melawan tempat, bangsa melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan.
  4. Dan ketika hal-hal ini terjadi dan tanda-tanda terjadi yang Aku tunjukkan kepadamu sebelumnya, maka Putera-Ku akan dinyatakan (kedatangan Yeshua), yang engkau lihat sebagai seorang Manusia yang keluar dari lautan.
  5. Dan ketika semua bangsa-bangsa mendengar suara-Nya, setiap orang akan meninggalkan negerinya sendiri dan peperangan yang mereka lakukan melawan satu sama lain;
  6. dan sejumlah besar orang-orang yang tak terhitung banyaknya akan berkumpul bersama-sama, seperti yang engkau lihat, hendak datang dan menaklukkan Dia (Perang Gog dan Magog di Harmageddon).
  7. Tetapi Dia akan berdiri di puncak Gunung Zion. (Kedatangan Yeshua)

2 Esdras 16:36-40

  1. Perhatikan sekarang kepada hal-hal ini, dan pahamilah mereka, ya hamba-hamba YAHWEH.
  2. Lihatlah firman YAHWEH, terimalah; jangan tidak percaya apa yang YAHWEH firmankan.
  3. Lihatlah, malapetaka-malapetaka datang mendekat, dan tidak ditunda.
  4. Sama seperti seorang wanita dengan anak, dalam bulan kesembilan, ketika waktu persalinannya semakin dekat, menderita rasa sakit yang hebat pada rahimnya selama dua atau tiga jam sebelumnya, dan ketika anak itu keluar dari rahim, tidak akan ada penundaan sesaat,
  5. demikianlah malapetaka-malapetaka tidak akan tertunda untuk datang ke atas bumi, dan dunia akan mengerang, dan kesakitan-kesakitan akan mencengkeramnya di setiap sisi.
  6. “Dengarkan kata-kata-Ku, hai umat-Ku; bersiaplah untuk pertempuran, dan di tengah-tengah malapetaka-malapetaka jadilah seperti orang-orang asing di bumi.

Baca:

Nubuat David Wilkerson 40 Tahun Lalu Mulai Digenapi di Depan Mata

Kembalinya Nephilim, Tanda Khusus Kedatangan Yesus

Pengajaran Yesus tentang 7 Meterai Kitab Wahyu: Akhir Zaman

Referensi:

Kitab 2 Esdras (4 Ezra)

15 Prophetic Signs of Jesus’ Imminent Return

Iklan