Kejadian 49:1 (ILT) Dan Yakub memanggil anak-anaknya dan berkata, “Berkumpullah dan biarlah aku menyatakan kepadamu apa yang akan terjadi kepadamu pada hari-hari yang akan datang.”

Sama seperti Yakub, seorang rabbi Yahudi yang terkenal karena kesalehannya meninggalkan pesan akhir hayatnya pekan lalu bagi Israel, menjelaskan bahwa kesusahan-kesusahan besar yang dihadapi bangsa Yahudi sekarang ini merupakan penderitaan-penderitaan Akhir Zaman menjelang kedatangan Messias yang telah dinubuatkan. Tapi pesan itu juga dimaksudkan untuk meyakinkan Israel dengan mengungkapkan bahwa seorang malaikat pelindung sedang melindungi bangsa Yahudi.

yaakov-eidelstein
Rabbi Yaakov Edelstein, 2012

Setelah operasi tenggorokan tahun lalu, Rabbi Yaakov Edelstein, kepala rabbi dari Ramat Hasharon, hanya dapat berkomunikasi dengan menggunakan catatan tulisan. Setelah dia meninggal hari Kamis lalu pada usia 93 tahun, keluarganya menemukan dua catatan yang telah dia tuliskan dalam jam-jam terakhir hidupnya, berisi pesan besar tentang Hari-hari Terakhir.

Pesan pertama terbaca,

Mikhael akan bangkit, karena ini adalah masa-masa sulit.”

Rabbi Yosef Berger, rabbi dari Makam Raja Daud di Gunung Zion, menjelaskan arti dari pesan Rabbi Edelstein.

“Dalam tradisi Yahudi, ketika seorang tzaddik (orang benar) akan meninggalkan dunia, dia mendapatkan penglihatan yang lebih besar, semacam nubuatan,” kata Rabbi Berger. “Rabbi Edelstein merujuk kepada pasal terakhir kitab Daniel yang membahas tentang perang Gog dan Magog yang mendahului Messias.”

Dalam kitab Daniel, Mikhael, penghulu malaikat dan pembela bangsa Yahudi, muncul tiga kali untuk membawa belas kasihan bagi bangsa Yahudi pada masa-masa yang sulit.

Daniel 12:1 (ILT) “Pada waktu itu juga akan muncul Mikhael, pemimpin besar itu, yang akan mendampingi anak-anak bangsamu; dan akan ada suatu waktu kesesakan yang besar, seperti yang belum pernah terjadi sejak ada bangsa-bangsa sampai pada waktu itu. Tetapi pada waktu itu bangsamu akan terluput, yakni barangsiapa yang didapati namanya tertulis dalam Kitab itu.

“Sudah jelas bahwa Rabbi Edelstein, seorang rabbi benar yang dihormati, percaya bahwa kita sedang berada pada tahap akhir dari Moshiach, masa-masa yang berpotensi menjadi sangat sulit bagi bangsa Yahudi,” jelas Rabbi Berger. Ia mengutip Rabbi Yisrael Meir Kagan, seorang rabbi bijak akhir abad ke-19, yang dikenal dengan nama seperti buku epiknya, Chafetz Chaim (“Menginginkan Kehidupan”). Rabbi Kagan mengajarkan bahwa perang final Gog dan Magog akan terjadi dalam tiga tahap. Pada akhir Perang Dunia Pertama, Rabbi Kagan menyatakan bahwa itu adalah tahap pertama Gog dan Magog.

Catatan Rabbi Yaakov Edelstein berlanjut,

“Penghiburan kita: Seekor rubah keluar dan rabbi-rabbi menangis, tapi Rabbi Akiva tertawa?”

Apa yang ditulis Rabbi Edelstein pada catatan kedua ini merujuk kepada sebuah bagian dari Talmud.

Tulisan Rabbi Edelstein berikutnya,

“Perhatikan baik-baik halaman terakhir lembaran Talmud Makot, dan pelajari baik-baik. Semoga Baruch HaShem (diberkatilah YHWH) melindungi kita supaya marabahaya itu akan berlaku.”

Halaman Talmud yang disebutkan Rabbi Edelstein berbicara tentang sekelompok rabbi, termasuk Rabbi Akiva, salah satu rabbi besar paling dihormati dalam sejarah Yahudi, yang pergi ke Gunung Bait Suci setelah penghancuran Bait Suci.

Para rabbi melakukan mitzvah (perintah) dengan mengoyakkan pakaian mereka setelah melihat kehancuran Bait Suci. Kemudian seekor rubah berlari melintasi reruntuhan Ruang Maha Kudus, dan hal itu menyebabkan para rabbi menangis. Tapi di sisi lain, Rabbi Akiva, mulai tertawa.

Rabbi Akiva bertanya kepada para rabbi yang lain kenapa mereka menangis, dan mereka menyebutkan nubuat dari Alkitab:

Bilangan 1:51 (ILT) Dan untuk memindahkan tabernakel (Ibrani: Mishkan), orang-orang Lewi harus membongkarnya. Dan untuk memasang tabernakel, orang-orang Lewi harus mendirikannya. Dan orang-orang asing yang datang mendekat harus dihukum mati.

Rabbi-rabbi itu menjelaskan bahwa sekarang ini karena Bait Suci telah benar-benar hancur sepenuhnya, bahkan binatang najis seperti seekor rubah bisa menginjak area paling kudus tanpa mendapatkan hukuman.

Rabbi Akiva kemudian menjelaskan bahwa ia tertawa karena ada dua nubuat lainnya.

Mikha 3:12 (ILT) Oleh sebab itu, karena kamulah Zion akan dibajak seperti ladang dan Yerusalem akan menjadi reruntuhan, dan Gunung Bait Suci akan seperti tempat tinggi yang berhutan.”

Rabbi Akiva menyatakan bahwa karena nubuatan pertama telah digenapi, sebagaimana dibuktikan oleh seekor rubah yang berjalan melintasi puing-puing Bait Suci, nubuat berikutnya tentang Bait Suci sekarang juga akan digenapi.

Zakharia 8:4 (ILT) Beginilah YAHWEH Tsebaot berfirman: Pria-pria tua dan wanita-wanita tua masih akan duduk-duduk di jalan-jalan Yerusalem, dan masing-masing dengan tongkat di tangannya karena lanjut usia.

“Sudah jelas bahwa apa yang dikatakan rabbi Edelstein dalam jam-jam terakhir hidupnya adalah bahwa Malaikat Mikhael akan membawa belas kasihan bagi bangsa Yahudi bahkan dalam masa-masa yang sulit,” kata Rabbi Berger. “Hari ini, kenajisan lebih buruk dari hewan mana pun sedang menguasai Gunung Bait Suci, tapi sama seperti Rabbi Akiva menyaksikan pembebasan pada seekor rubah, pada akhirnya, semua nubuat-nubuat akan muncul, Messias akan datang, dan Bait Suci Ketiga akan berdiri di tempat yang seharusnya,” tutup Rabbi Berger.

Kedatangan Messias

Messias Yeshua ketika memperingatkan murid-murid-Nya mengenai tanda-tanda kedatangan-Nya menyebutkan bahwa akan ada Masa Kesusahan Besar atas bumi, dan Yerusalem akan diinjak-injak oleh bangsa-bangsa lain (Goyim) yang tidak mengenal Elohim sampai genaplah waktu bagi bangsa-bangsa itu (42 bulan; 3,5 tahun).

Lukas 21:20-24 (ILT) Namun, manakala kamu melihat Yerusalem dikepung oleh tentara musuh, maka ketahuilah bahwa keruntuhannya sudah dekat. 21. Pada waktu itu, mereka yang berada di Yudea biarlah melarikan diri ke pegunungan, dan mereka yang berada di tengah-tengah kota itu biarlah keluar, dan mereka yang berada di pedesaan-pedesaan, biarlah tidak masuk ke dalam kota itu. 22. Sebab inilah hari-hari pembalasan, supaya digenapi segala sesuatu yang telah tertulis. 23. Dan celakalah bagi mereka yang di dalam rahimnya sedang mengandung dan bagi mereka yang sedang menyusui pada hari-hari itu! Sebab Kesusahan Besar atas bumi dan murka atas bangsa ini akan terjadi. 24. Dan mereka akan roboh oleh mata pedang dan akan dibawa sebagai tawanan ke segala bangsa. Dan Yerusalem akan diinjak-injak oleh bangsa-bangsa lain (Goyim) sampai saat bagi bangsa-bangsa lain (Goyim) telah digenapi.” [Bandingkan: Wahyu 11:2 (ILT) Tetapi kecualikan pelataran Bait Suci yang di sebelah luar, janganlah engkau mengukurnya, karena ia telah diberikan kepada bangsa-bangsa lain (Goyim) dan mereka akan menginjak-injak Kota Suci empat puluh dua bulan lamanya (3,5 tahun).”]

Nubuat Daniel tentang kedatangan Malaikat Mikhael dalam Masa Kesusahan juga ditutup dengan menyebutkan periode waktu zaman bangsa-bangsa lain (Goyim) itu:

Daniel 12:7,11-12 (ILT) Dan aku (Daniel) mendengar orang yang berpakaian lenan yang ada di atas air sungai itu, ketika dia mengangkat tangan kanannya dan tangan kirinya ke surga, dan bersumpah demi Nama Dia yang hidup selamanya, bahwa akan ada satu masa, dua masa dan setengah masa (3,5 tahun; 42 bulan), dan ketika berakhir pemecah (Ibrani: naphats; menghancurkan berkeping-keping, mencerai-beraikan, memukul sampai hancur berkeping-keping, menghamburkan, menyerakkan) kekuatan umat yang kudus, maka berakhirlah semuanya itu!” 11. Dan dari waktu kurban terus-menerus dihapuskan dan kejijikan yang membinasakan itu ditetapkan, ada seribu dua ratus sembilan puluh hari. 12. Diberkatilah orang yang menanti-nanti dan mencapai seribu tiga ratus tiga puluh lima hari.

Baca:

Kitab 2 Esdras 16:68-78

Nubuat 100 Tahun Lalu: Perang Gog dan Magog Dimulai Tahun 2017

Obama Telah Memulai Perang Gog dan Magog (?!)

Aktivitas Perdamaian Timur Tengah Menunjukkan Betapa Dekatnya “Masa Kesusahan” Itu

Rahasia 70 Minggu Daniel Memprediksi Akhir Zaman Dimulai Tahun Ini, Kata Rabbi Yahudi

Referensi:

Revered Rabbi’s Deathbed Message Invokes Angel Michael Bringing End of Days

Iklan