Secara historis, dari ketiga anak Nuh: Shem, Ham, dan Yafet, terpencarlah 70 bangsa (Kejadian 10). Bangsa Israel adalah keturunan Shem.

Yepheth Cham Shem
1. Gomer 15. Cush 45. Elam
2. Magog 16. Mizraim 46. Asshur
3. Madai 17. Phut 47. Arpachshad
4. Yavan 18. Canaan 48. Lud
5. Tubal 19. Seba 49. Aram
6. Meshech 20. Havilah 50. Uz
7. Tiras 21. Sabtah 51. Hul
8. Ashkenaz 22. Raamah 52. Gether
9. Riphath 23. Sabtecha 53. Mash
10. Togarmah 24. Sheba 54. Shelah
11. Elishah 25. Dedan 55. Eber
12. Tarshish 26. Nimrod 56. Peleg
13. Kittim 27. Ludim 57. Joktan
14. Dodanim 28. Anamim 58. Almodad
29. Lehabim 59. Sheleph
30. Naphtuhim 60. Hazarmaveth
31. Patrusim 61. Jerah
32. Casluhim 62. Hadroram
33. Caphtorim 63. Uzal
34. Sidon 64. Diklah
35. Heth 65. Obal
36. Jebusite 66. Abimael
37. Amorite 67. Sheba
38. Girgashite 68. Ophir
39. Hivite 69. Havilah
40. Arkite 70. Jobab
41. Sinite
42. Arvadite
43. Zemarite
44. Hamathite

Sedangkan Magog adalah cucu Nuh, yang berasal dari Yafet.

Kejadian 10:2 (ILT) Anak-anak lelaki Yafet ialah Gomer, dan Magog, dan Madai, dan Yawan, dan Tubal, dan Mesekh, dan Tiras.

Keturunan Magog berdiam di sebelah utara sekali Israel, sepertinya di Eropa dan Asia utara (Yehezkiel 38:2). Kaum Magog digambarkan sebagai prajurit yang terlatih (Yehezkiel 38:15,39:3-9).

Dalam nubuat Yehezkiel, Gog akan menjadi pemimpin pasukan besar yang akan menyerang Tanah Israel. Gog digambarkan berada di “tanah Magog, raja agung Rosh, Mesekh dan Tubal.” Yehezkiel 38:2-6 (ILT)

  1. “Hai anak manusia, arahkanlah wajahmu terhadap Gog di tanah Magog, raja agung dari Rosh, Mesekh, dan Tubal, dan bernubuatlah terhadap dia.
  2. Dan engkau harus mengatakan: Beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: Lihat, Akulah lawanmu, hai Gog, raja agung dari Rosh, Mesekh dan Tubal.
  3. Aku akan membalikkan punggungmu dan memasang pengait pada rahangmu, dan Aku akan membawa engkau dan semua pasukanmu, pasukan berkuda, keluar; mereka semua berpakaian lengkap, kumpulan orang banyak dengan perisai besar dan kecil, mereka semua yang memegang pedang.
  4. Orang Persia, Etiopia (Ibrani: Kush) , dan Libia (Ibrani: Put) bersama mereka, mereka semua dengan perisai dan ketopong.
  5. Gomer dan seluruh pasukannya, keluarga Togarma dari sebelah utara dan semua pasukannya, banyak bangsa ada bersamamu.

Secara tradisional, di kalangan sarjana Alkitab yang mempelajari eskatologi (peristiwa Akhir Zaman), mereka berpendapat bahwa:

  • Magog, Rosh = Russia dan bekas Republik Uni Soviet
  • Persia = Iran
  • Kush = Sudan, Ethiopia, dan kemungkinan Eritrea 
  • Put = Libya, Algeria, dan Tunisia
  • Gomer = Cimmerian (Indo Eropa kuno) dan Celtic (Eropa), (kemungkinan Jerman dan Austria)
  • Meshek = diidentifikasi sebagi orang Moschi, orang-orang yang tinggal di perbatasan Colchis (daerah pantai timur Laut Hitam) dan Armenia (daerah Georgia)
  • Tubal = kemungkinan orang Iberia yang tinggal antara Laut Hitam dan Laut Kaspia, modern Georgia (menurut Josephus), Asia Kecil
  • Bet-togarma = Turki, Armenia, orang-orang berbahasa Turki di Asia Kecil dan Asia Tengah

Gog dan Magog disebutkan di dalam Yehezkiel 38-39 dan dalam Kitab Wahyu 20:7,8. Meskipun dua peristiwa ini menyandang nama yang sama, jika diteliti lebih dalam, akan nampak bahwa Kitab Suci dengan jelas menggambarkan bahwa mereka tidak merujuk kepada orang-orang dan peristiwa yang sama.

Penggunaan nama Gog dan Magog dalam kitab Wahyu adalah untuk menunjukkan bahwa orang-orang ini melakukan pemberontakan yang sama melawan Elohim dan menjadi musuh Elohim seperti yang juga terjadi pada Yehezkiel 38-39.

Kitab Wahyu 20 menggunakan nubuat Yehezkiel mengenai Perang Gog dan Magog untuk menggambarkan serangan final – sesudah Kerajaan Seribu Tahun – kepada perkemahan orang-orang kudus dan Yerusalem. Hasil akhir dari peperangan ini adalah semua dimusnahkan, dan Satan akhirnya memperoleh tempat finalnya di lautan api.
Berikut beberapa alasan kenapa keduanya ini merujuk kepada dua peristiwa yang berbeda, orang-orang dan peperangan yang berbeda:

Poin-1 :

Peperangan Gog dan Magog Yehezkiel 38-39 terjadi di dalam periode Masa Kesusahan. Bukti paling kuat dari hal ini terdapat pada Yehezkiel 38 ayat 8:

Yehezkiel 38:8 (TB) Sesudah waktu yang lama sekali engkau akan mendapat perintah; pada hari yang terkemudian engkau akan datang di sebuah negeri yang dibangun kembali sesudah musnah karena perang, dan engkau menuju suatu bangsa yang dikumpul dari tengah-tengah banyak bangsa di atas gunung-gunung Israel yang telah lama menjadi reruntuhan. Bangsa ini telah dibawa ke luar dari tengah bangsa-bangsa dan mereka semuanya diam dengan aman tenteram.

Perhatikan kalimat …pada hari yang terkemudian… ini merupakan istilah untuk Akhir Zaman – Hari Tuhan.

Sebutan hari-hari terakhir (Akhir Zaman) ini diulangi lagi pada Yehezkiel 38:16,17 (ILT)

  1. Engkau akan datang atas umat-Ku Israel seperti segumpal awan, menutupi negeri itu. Dan akan terjadi pada hari-hari terakhir, Aku akan membawa engkau ke atas tanah-Ku, supaya bangsa-bangsa mengenal Aku, ketika Aku dikuduskan melalui engkau di depan mata mereka, hai Gog.
  2. Beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: Apakah engkau orang yang telah Aku katakan pada waktu dahulu dengan perantaraan hamba-hamba-Ku, para nabi Israel, yang tahun demi tahun bernubuat pada hari-hari itu, untuk membawa engkau kepada mereka?
Poin-2 :

Yehezkiel 38 ayat 8, perhatikan kalimat …suatu bangsa (Israel) yang dikumpulkan dari tengah-tengah banyak bangsa… Ini merujuk kepada bangsa Israel yang dikumpulkan kembali dari seluruh Bumi sesudah diserakkan Tuhan karena menolak Messias – Yeshua haMashiach atau Yesus Kristus. Pada tahun 70 Masehi, tentara Romawi di bawah pimpinan Jendral Titus menghancurkan Yerusalem dan Bait Suci kedua. Dan sejak saat itu bangsa Israel tidak lagi memiliki tanah air dan tercerai-berai ke seluruh Bumi, hingga akhirnya dikumpulkan kembali ke Tanah Israel dan berdiri menjadi suatu negara pada tanggal 14 Mei 1948.

Poin-3 : 

Perang Gog dan Magog dalam Yehezkiel 38-39, tidak disebutkan nama Satan. Dalam Perang Gog dan Magog Wahyu 20, konteksnya jelas bahwa peperangan pada akhir Kerajaan Seribu Tahun itu dipimpin oleh Satan. Wahyu 20:7,8 (ILT)

  1. Dan bilamana masa seribu tahun telah digenapi, Satan akan dibebaskan dari penjaranya.
  2. Dan dia akan keluar untuk menyesatkan bangsa-bangsa di keempat penjuru dunia -Gog dan Magog- untuk mengumpulkan mereka ke dalam peperangan, yang jumlahnya seperti pasir di laut.
Poin-4 :

Yehezkiel 39:11-12 menyatakan bahwa orang-orang yang mati dalam peperangan itu akan dikuburkan selama kurun waktu tujuh bulan. Yehezkiel 38:11,12 (ILT)

  1. Pada hari itu Aku akan memberikan kepada Gog suatu tempat di sana, sebuah kuburan di Israel, yakni lembah penyeberangan bagi orang-orang yang melewatinya, di sebelah timur laut. Dan kuburan itu menghalangi orang yang menyeberang. Dan mereka akan menguburkan Gog di sana dan semua kelompoknya, dan tempat itu akan disebut lembah Hamon-Gog.
  2. Dan keluarga Israel akan menguburkan mereka, selama tujuh bulan, dengan maksud untuk menahirkan negeri itu.

Tidak akan diperlukan penguburan bagi mereka yang mati di dalam peperangan Gog dan Magog Yehezkiel 38-39 jika itu adalah peristiwa yang disebutkan dalam Wahyu 20:8,9, karena segera sesudah perang itu, yang terjadi adalah Pengadilan Takhta Putih, kemudian langit dan bumi yang ada sekarang ini dihancurkan, dan digantikan dengan langit dan bumi yang baru. Wahyu 20:7-11 (ILT)

  1. Dan bilamana masa seribu tahun telah digenapi, Satan akan dibebaskan dari penjaranya.
  2. Dan dia akan keluar untuk menyesatkan bangsa-bangsa di keempat penjuru dunia -Gog dan Magog- untuk mengumpulkan mereka ke dalam peperangan, yang jumlahnya seperti pasir di laut.
  3. Dan naiklah mereka ke atas dataran bumi, dan mereka mengepung perkemahan orang-orang kudus dan kota yang dikasihi itu. Dan turunlah api dari Elohim, dari langit, dan menghanguskan mereka,
  4. dan si iblis yang menyesatkan mereka dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang tempat binatang buas dan nabi palsu itu berada. Dan mereka akan disiksa siang dan malam untuk selama-lamanya.
  5. Dan aku melihat takhta putih yang besar dan Dia yang duduk di atasnya, yang dari hadapan-Nya, bumi dan langit telah menghilang dan tidak didapatkan tempat bagi mereka.

Jelas dibutuhkan penguburan bagi mereka yang mati karena peperangan ini terjadi selama Masa Kesusahan. Penguburan ini untuk mentahirkan Bumi karena Tanah Israel masih akan didiami selama 1000 tahun, sepanjang Kerajaan Seribu Tahun.

Poin-5 : 

Peperangan Gog dan Magog Yehezkiel 38-39 digunakan Elohim untuk membawa Israel kembali kepada-Nya. Yehezkiel 39:21-29 (ILT)

  1. Dan Aku akan menaruh kemuliaan-Ku di antara bangsa-bangsa, dan semua bangsa akan melihat penghakiman-Ku yang telah Aku lakukan dan tangan-Ku yang telah Aku taruh di atas mereka.
  2. Demikianlah keluarga Israel akan mengetahui bahwa Akulah YAHWEH, Elohim mereka, mulai hari itu dan seterusnya.
  3. Dan bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa keluarga Israel menjadi orang buangan karena kesalahan mereka sendiri, karena mereka telah mengkhianati Aku sehingga Aku menyembunyikan wajah-Ku terhadap mereka dan menyerahkan mereka ke dalam tangan musuh-musuhnya. Dan mereka semua jatuh oleh pedang, mereka semua.
  4. Sesuai dengan kenajisan dan dengan dosa-dosa mereka, Aku telah bertindak kepada mereka, dan menyembunyikan wajah-Ku terhadap mereka.”
  5. Oleh karena itu beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: “Sekarang Aku akan memulihkan ketertawanan Yakub, dan akan berkemurahan hati kepada semua keluarga Israel, dan akan menjadi cemburu bagi kekudusan Nama-Ku.
  6. Dan mereka sudah menanggung aib mereka dan segala ketidaksetiaan yang telah mereka lakukan terhadap Aku, ketika mereka tinggal di tanah mereka dengan aman, dan tidak ada apa pun yang menakutkan.
  7. Pada saat Aku telah mengembalikan mereka dari bangsa-bangsa, dan mengumpulkan mereka keluar dari tangan musuh-musuh mereka, dan Aku dikuduskan di dalam mereka di depan mata banyak bangsa;
  8. kemudian mereka akan mengetahui bahwa Akulah YAHWEH, Elohim mereka, yang telah membuang mereka ke antara bangsa-bangsa. Namun Aku telah mengumpulkan mereka kembali ke tanah mereka, dan Aku tidak meninggalkan seorang pun dari mereka di sana.
  9. Dan Aku tidak akan lagi menyembunyikan wajah-Ku terhadap mereka, karena Aku telah mencurahkan Roh-Ku ke atas keluarga Israel,” firman Tuhan YAHWEH.

Dalam peperangan Gog dan Magog Wahyu 20, Israel telah menjalankan kesetiaan selama 1000 tahun (Kerajaan Seribu Tahun). Dalam Wahyu 20:7-10, mereka yang memberontak akan dihancurkan tanpa kesempatan kembali untuk bertobat.

Poin-6 : 

Dalam Perang Gog dan Magog Yehezkiel 38-39, disebutkan adanya suatu “perjamuan korban yang besar” di atas gunung-gunung Israel bagi segala jenis burung-burung dan segala binatang buas:

Yehezkiel 39:4,17-20 (ILT)

  1. Engkau (Gog) akan rebah di atas gunung-gunung Israel, engkau dan seluruh pasukanmu, dan orang-orang yang ada bersamamu (Gog dan Magog).Aku telah memberikan engkau sebagai makanan bagi burung pemangsa dari segala jenis yang bersayap, dan binatang-binatang buas di padang.
  1. Dan kamu, hai anak manusia, beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: Katakanlah kepada burung dari segala jenis yang bersayap dan segala binatang buas di padang: Berkumpullah dan datanglah, berhimpunlah kamu dari segala penjuru pada perjamuan kurban yang Kuadakan bagi kamu, yaitu suatu perjamuan kurban yang besar di atas gunung-gunung Israel, sehingga kamu dapat makan daging dan minum darah.
  2. Kamu akan makan daging orang yang kuat dan minum darah raja-raja bumi, domba jantan, anak domba, kambing jantan, dan lembu, semua ternak yang gemuk dari Basan.
  3. Kamu akan makan lemak sampai kenyang dan minum darah sampai mabuk dari kurban-Ku yang telah Aku kurbankan bagimu.
  4. Dan kamu akan menjadi kenyang di meja-Ku, beserta kuda-kuda dan kereta-kereta perang, dan orang-orang yang kuat, dan semua prajurit perang, firman Tuhan YAHWEH.

Ini adalah peristiwa yang sama yang ditulis oleh Yohanes dalam Wahyu 19, ketika Messias – Penunggang Kuda Putih bernama “Yang Setia dan Yang Benar” – memakai jubah yang dicelup dengan darah, dan namanya adalah “Firman Elohim”, berperang melawan bangsa-bangsa. Wahyu 19:17-21 (ILT)

  1. Lalu aku melihat seorang malaikat berdiri di dalam matahari dan ia berseru dengan suara nyaring kepada semua burung yang terbang di tengah langit, katanya: “Marilah ke sini dan berkumpullah untuk turut dalam perjamuan Elohim, perjamuan yang besar,
  2. supaya kamu makan daging semua raja dan daging semua panglima dan daging semua pahlawan dan daging semua kuda dan daging semua penunggangnya dan daging semua orang, baik yang merdeka maupun hamba, baik yang kecil maupun yang besar.”
  3. Dan aku melihat binatang itu dan raja-raja di bumi serta tentara-tentara mereka telah berkumpul untuk melakukan peperangan melawan Penunggang kuda itu dan tentara-Nya.
  4. Maka tertangkaplah binatang itu dan bersama-sama dengan dia nabi palsu, yang telah mengadakan tanda-tanda di depan matanya, dan dengan demikian ia menyesatkan mereka yang telah menerima tanda dari binatang itu dan yang telah menyembah patungnya. Keduanya dilemparkan hidup-hidup ke dalam lautan api yang menyala-nyala oleh belerang.
  5. Dan semua orang lain dibunuh dengan pedang, yang keluar dari mulut Penunggang kuda itu; dan semua burung kenyang oleh daging mereka.

Segera sesudah Messias membunuh mereka semuanya, mayat-mayat pasukan ini akan menjadi “perjamuan korban” yang disediakan Tuhan bagi burung-burung pemangsa dan binatang-binatang buas di padang. Bagian selanjutnya dari Kitab Wahyu menceritakan bagaimana Iblis dan Satan dirantai selama seribu tahun lamanya. Dan lalu kita akan masuk ke dalam era Kerajaan Seribu Tahun (Wahyu 20:1-6). Wahyu 20:1-3 (TB)

  1. Dan aku melihat seorang malaikat yang turun dari surga dengan memegang kunci Abyssos dan sebuah rantai besar pada tangannya.
  2. Dan dia menangkap naga itu, yaitu ular tua, yang adalah si Iblis dan Satan, dan dia membelenggunya selama seribu tahun,
  3. dan dia melemparkannya ke dalam Abyssos dan menutupnya dan memeteraikan di atasnya supaya dia tidak dapat lagi menyesatkan bangsa-bangsa, sampai masa seribu tahun digenapi. Dan setelah masa ini dia harus dibebaskan untuk beberapa saat.
Poin-7 :

Dalam Yehezkiel 38:22 disebutkan Tuhan menghukum Gog dan Magog dengan malapetaka hujan batu:

Yehezkiel 38:22 (ILT) Dan Aku akan menghukumnya dengan tulah dan darah, dan hujan yang lebat, dan hujan batu. Aku akan menurunkan hujan api (Ibrani: esh; api, nyala api, murka Elohim) dan belerang (Ibrani: gophrith; belerang, penghakiman, nafas YHWH) atasnya, dan ke atas pasukan-pasukannya, dan ke atas banyak bangsa yang bersamanya.

Ini malapetaka yang sama yang terjadi dalam Masa Kesusahan, sesudah Malaikat ke-7 menumpahkan Cawan Murka Elohim yang ke-7 ke angkasa:

Wahyu 16:21 (ILT) Dan hujan es (Yunani: chalaza; hujan batu) yang besar, seukuran satu talenta, jatuh dari langit ke atas manusia, dan manusia menghujat Elohim karena bencana hujan es (chalaza; hujan batu) itu, sebab sangat besarlah bencananya.

Kata chalaza yang diterjemahkan sebagai hujan es itu sebenarnya kurang tepat. Terjemahan yang benar adalah hujan batu, biasanya bercampur dengan api dan darah:

Wahyu 8:7 (ILT) Dan malaikat yang pertama meniup sangkakalanya, dan terjadilah hujan es (Yunani: chalaza; hujan batu) dan api yang bercampur dengan darah, dan itu dilemparkan ke bumi, dan sepertiga pepohonan terbakar musnah, dan semua rumput hijau terbakar musnah.

Ini adalah “istilah” untuk hujan meteor atau asteroid. Peristiwa yang sama terjadi pada saat Eksodus bangsa Israel dari Tanah Mesir.

Baca:

Poin-8 : 

Dari sumber-sumber tulisan para Rabbi, mereka memandang Peperangan Gog dan Magog terjadi pada Akhir Zaman, ketika bangsa-bangsa seluruh dunia datang melawan Israel untuk menghancurkan orang Yahudi. Gog dan Magog adalah bagian utama dari eskatologi Yahudi (hal-hal Akhir Zaman) yang terjadi pada hari-hari Messias. Yeshua menyebutnya sebagai Hari-hari Anak Manusia. Lukas 17:26-30 (TB)

  1. Dan sama seperti terjadi pada zaman Nuh, demikian pulalah halnya kelak pada hari-hari Anak Manusia:
  2. mereka makan dan minum, mereka kawin dan dikawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, lalu datanglah air bah dan membinasakan mereka semua.
  3. Demikian juga seperti yang terjadi di zaman Lot: mereka makan dan minum, mereka membeli dan menjual, mereka menanam dan membangun.
  4. Tetapi pada hari Lot pergi keluar dari Sodom turunlah hujan api dan hujan belerang dari langit dan membinasakan mereka semua.
  5. Demikianlah halnya kelak pada hari, di mana Anak Manusia menyatakan diri-Nya.
Poin-9 :

Pada penghujung Perang Gog dan Magog ini akan terjadi gempa bumi yang sangat dahsyat. Begitu dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak penciptaan dunia. Yehezkiel 38:19-20 (ILT)

  1. Dan akan terjadi pada waktu itu, ketika Gog datang melawan tanah Israel,” firman Tuhan YAHWEH, “amarah-Ku akan tampak di wajah-Ku.
  2. Dan dalam kecemburuan-Ku, di dalam api murka-Ku, Aku telah berfirman: Sesungguhnya, pada hari itu akan terjadi gempa bumi yang besar di sana, di tanah Israel.
  3. Dan ikan-ikan di laut, dan burung-burung di langit, dan binatang-binatang di hutan, dan segala binatang melata yang merayap di bumi, dan semua manusia di permukaan bumi akan gemetar terhadap wajah-Ku. Dan gunung-gunung akan runtuh, dan lereng-lereng akan longsor, dan setiap tembok akan runtuh ke tanah.

Ini peristiwa yang sama dengan yang dilihat Yohanes. Wahyu 16:17-21 (ILT)

  1. Dan malaikat yang ketujuh menumpahkan cawannya ke angkasa, dan suatu suara nyaring keluar dari tempat kudus surga, dari takhta itu, seraya berkata, “Sudah terjadi!”
  2. Dan terjadilah gemuruh dan guntur dan kilat, juga terjadi gempa bumi yang dahsyat sebagaimana yang belum pernah terjadi sejak terjadinya manusia di muka bumi, suatu gempa yang sangat hebat dan dahsyat.
  3. Dan terjadilah, kota yang besar itu menjadi tiga bagian, dan kota-kota bangsa-bangsa runtuh. Dan Babilon yang besar itu diingat di hadapan Elohim, untuk memberikan kepadanya cawan anggur kemarahan murka-Nya.
  4. Dan setiap pulau menghilang, dan gunung-gunung tiada didapati.
  5. Dan hujan es yang besar, seukuran satu talenta, jatuh dari langit ke atas manusia, dan manusia menghujat Elohim karena bencana hujan es itu, sebab sangat besarlah bencananya.

Ini peristiwa yang disebut dengan “Pole Shift,” yang dinubuatkan oleh nabi Yesaya.

earth-crust-crumble

Yesaya 24:18-20 (ILT)

  1. Maka yang lari karena bunyi yang mengejutkan (Ibrani: pachad; teror, kengerian, kegentaran) akan jatuh ke dalam pelubang, dan yang naik dari dalam pelubang akan tertangkap dalam jerat. Sebab tingkap-tingkap di langit akan terbuka dan akan bergoncang dasar-dasar bumi.
  2. Bumi hancur luluh (Ibrani: ‘Aretz ro’ah hit ro’ah; Bumi hancur berkeping-keping, terbelah-belah), bumi remuk redam (Ibrani: ha’Aretz por hit porah; Bumi pecah, hancur, hancur berkeping-keping, terbelah-belah), bumi gonjang-ganjing (Ibrani: ‘Eretz mot hit mottah; Bumi gemetar, berguncang-guncang, berguncang hebat, berpindah posisi, berjungkir balik, jatuh).
  3. Bumi sempoyongan (Ibrani: ‘Aretz noa’ ta nua’; Bumi gemetar, terguncang, menggelinding, menggelandang, berpindah, terlempar kesana kemari) seperti seorang pemabuk, dan seperti gubuk reyot ia goyang (Ibrani: vehitnoddah; bergerak kesana kemari, goncang, menggelandang, mengembara tanpa tujuan); dan pelanggarannya (Ibrani: pesha’; dosa, pelanggaran, pemberontakan) berat atasnya, dan dia akan jatuh (Ibrani: venafelah; jatuh, terlempar), dan tidak akan bangkit lagi.

Baca:

Dari sini terlihat jelas, bahwa Perang Gog dan Magog dalam Yehezkiel 38-39 itu terjadi pada Masa Kesusahan, sebelum memasuki masa Kerajaan Seribu Tahun.

Perang Harmageddon

Istilah Perang Harmageddon tertulis di dalam Wahyu pasal 16:14,16. Harmageddon, secara literal artinya Har (gunung) Megiddo, lokasinya di Israel. Megiddo artinya: tempat kerumunan, Megiddo berasal dari akar kata ‘gadad‘ (H1413) artinya: menembus, memotong, menyerang, invasi, atau pembantaian. Peristiwa Perang Harmageddon ini terjadi dalam Masa Kesusahan. Dalam Kitab Wahyu, peristiwa ini dituliskan pada bagian akhir dari pencurahan 7 Cawan Murka Elohim oleh 7 Malaikat.

Sesudah Malaikat ke-6 menumpahkan cawannya ke atas sungai Efrat, maka sungai Efrat menjadi kering. Dan lalu dari mulut naga, binatang, dan nabi palsu itu kelur 3 roh najis yang menyerupai katak. Wahyu 16:13-16 (TB)

  1. Dan aku melihat dari mulut naga dan dari mulut binatang dan dari mulut nabi palsu itu keluar tiga roh najis yang menyerupai katak.
  2. Itulah roh-roh setan yang mengadakan perbuatan-perbuatan ajaib, dan mereka pergi mendapatkan raja-raja di seluruh dunia, untuk mengumpulkan mereka guna peperangan pada hari besar, yaitu hari Elohim Yang Mahakuasa (Yom YHWH).
  3. “Lihatlah, Aku datang seperti pencuri. Berbahagialah dia, yang berjaga-jaga dan yang memperhatikan pakaiannya, supaya ia jangan berjalan dengan telanjang dan jangan kelihatan kemaluannya.”
  4. Lalu ia mengumpulkan mereka di tempat, yang dalam bahasa Ibrani disebut Harmagedon.

Note: Perhatikan baik-baik ayat 15. Karena itu adalah saat ketika Yeshua haMashiach atau Yesus Kristus datang kembali ke Bumi untuk kedua kalinya. Hal ini sinkron dengan kesaksian Natan, anak muda Israel yang melihat kedatangan Mashiach untuk berperang melawan Gog dan Magog. Sepertinya ini terjadi di antara Cawan Murka yang ke-6 dan Cawan Murka yang ke-7. Istilah ‘pakaian‘ dalam ayat tersebut berbicara mengenai perbuatan kebenaran dari orang-orang kudus (Wahyu 19:8).

Ayat 14: …peperangan pada hari besar, yaitu hari Elohim Yang Mahakuasa… perang ini mengacu kepada Hari Tuhan (Yom YHWH) – peperangan final antara Kristus melawan Anti-Kristus dan pasukannya, peperangan besar yang akan terjadi di Wahyu 19:19. Di atas sudah dibahas bahwa Perang di Wahyu 19:11-19 itu adalah Perang Gog dan Magog. Pada penghujung Perang Gog dan Magog, Messias akan turun dari surga (yakni peristiwa kedatangan Yesus Kristus atau Yeshua haMashiach yang kedua kali) dan berperang melawan mereka. Wahyu 19:11-19 (ILT)

  1. Dan aku melihat surga yang terbuka, dan lihatlah, seekor kuda putih dan Dia yang duduk di atasnya yang disebut Setia dan Benar, dan Dia menghakimi dan berperang dalam kebenaran.
  2. Dan mata-Nya seperti nyala api, dan di atas kepala-Nya ada banyak mahkota, yang mempunyai suatu nama yang telah tertulis, yang tidak seorang pun mengetahui, kecuali Dia sendiri;
  3. dan dengan mengenakan jubah yang telah dicelup dengan darah, dan Nama-Nya disebut, “Firman Elohim.”
  4. Dan bala tentara di surga (para malaikat) mengikuti Dia di atas kuda-kuda putih dengan mengenakan linen halus yang putih dan bersih.
  5. Dan dari mulut-Nya keluar sebilah pedang tajam supaya dengannya Dia dapat memukul bangsa-bangsa. Dan Dia akan menggembalakan mereka dengan tongkat besi. Dan Dia akan memeras di pemerasan anggur, anggur amarah dan murka Elohim Penguasa Semesta.
  6. Dan Dia mempunyai sebuah Nama pada jubah dan pada pangkal paha-Nya yang tertulis, “Raja para raja dan Tuhan para tuan.”
  7. Dan aku melihat seorang malaikat yang berdiri di matahari, dan dia berseru dengan suara nyaring sambil berkata kepada semua burung yang beterbangan di tengah langit, “Marilah dan berkumpullah bersama dalam perjamuan besar Elohim,
  8. supaya kamu dapat memakan daging para raja dan daging para panglima dan daging para pahlawan dan daging kuda-kuda dan mereka yang duduk di atasnya dan daging semua orang, baik orang merdeka maupun hamba, baik kecil maupun besar.”
  9. Dan aku melihat binatang itu (Anti-Kristus) dan raja-raja di bumi serta tentara-tentara mereka telah berkumpul untuk melakukan peperangan melawan Penunggang kuda itu (Yeshua haMashiach) dan tentara-Nya.

Anti-Kristus, dan raja-raja di seluruh dunia serta tentara-tentara mereka akan berkumpul di Harmageddon (Gunung Megiddo – “gunung tempat kerumunan orang banyak” atau “gunung pembantaian” di Israel), untuk berperang melawan Messias.

Istilah yang tepat sebenarnya bukan Perang Harmageddon, tetapi peperangan pada Hari Besar, yaitu hari Elohim Yang Mahakuasa (Hari Tuhan; Yom YHWH), yang terjadi di tempat yang bernama Harmageddon (“gunung pembantaian”).

Bandingkan peristiwa ini dengan kitab Yoel. Nabi Yoel bernubuat bahwa pada hari-hari itu dan pada waktu itu (Yom YHWH), pasukan bangsa-bangsa akan dibawa turun ke Lembah Yehoshaphat, untuk dihakimi oleh YAHWEH. “Yehoshaphat” dalam bahasa Ibrani artinya “YHWH menghakimi.” Jadi Lembah Yehoshaphat juga bisa diartikan “Lembah Penghakiman YHWH.” Yoel 3:1-16 (ILT)

  1. Sebab, lihatlah, pada Hari-hari itu dan pada waktu itu (Yom YHWH), ketika Aku akan membawa kembali tawanan Yehuda dan Yerusalem,
  2. maka Aku akan mengumpulkan semua bangsa dan membawa mereka turun ke Lembah Yosafat (Ibrani: Yehoshaphat), dan Aku akan berperkara dengan mereka di sana, berkenaan dengan umat-Ku dan milik pusaka-Ku Israel, yang telah mereka serakkan di antara bangsa-bangsa; dan tanah-Ku yang telah mereka bagi-bagi.
  1. Cepatlah dan datanglah, hai semua bangsa di sekeliling dan yang telah dikumpulkan di sana. Ya YAHWEH, bawalah turun para pahlawan-Mu!
  2. Biarlah bangsa-bangsa bangkit dan datang ke Lembah Yosafat (Ibrani: Yehoshaphat), karena di sana Aku akan duduk untuk menghakimi segala bangsa dari segenap penjuru.
  3. Ayunkanlah sabit, karena tuaian telah matang; mari, turunlah, karena tempat pemerasan telah penuh, bak-bak penampungan anggur telah melimpah, karena kejahatan mereka besar. [Wahyu 14:14-16 (ILT) Dan aku melihat, dan lihatlah, suatu awan putih dan di atas awan itu ada yang duduk, yang serupa Anak Manusia yang mempunyai mahkota emas di kepala-Nya dan sabit tajam di tangan-Nya. Dan malaikat lain keluar dari tempat kudus seraya berteriak dengan suara nyaring kepada Dia yang duduk di atas awan itu, “Ayunkanlah sabit-Mu dan tuailah, karena waktu-Mu telah tiba untuk menuai sebab tuaian di bumi sudah matang.” Dan Dia yang duduk di atas awan itu mengayunkan sabit-Nya ke bumi, dan bumi dituainya. Wahyu 14:19-20 (ILT) Dan malaikat itu mengayunkan sabitnya ke bumi dan mengumpulkan anggur dari bumi, dan melemparkannya ke dalam pemerasan anggur amarah Elohim yang dahsyat. Dan pemerasan anggur itu diinjak-injak di luar kota itu; dan darah mengalir dari pemerasan anggur itu sampai setinggi kekang kuda, sejauh seribu enam ratus stadia.]
  4. Banyak orang, banyak orang di lembah keputusan, karena Hari YAHWEH (Yom YHWH) telah dekat di lembah keputusan.
  5. Matahari dan bulan telah menjadi gelap, dan bintang-bintang telah menarik kembali cahayanya.
  6. Dan YAHWEH menggemuruh dari Zion dan dari Yerusalem, Dia mengumandangkan suara-Nya, maka langit dan bumi berguncang, tetapi YAHWEH adalah tempat perlindungan bagi umat-Nya, dan kubu pertahanan bagi keturunan Israel.

Kedatangan Messias pada Puncak Perang Gog dan Magog

Peristiwa besar kedatangan Messias ini juga dinubuatkan oleh Nabi Zakharia, Henokh dan Yudas. Zakharia pasal 14.

  1. “Lihatlah, hari YAHWEH (Yom YHWH) telah tiba! Dan jarahanmu akan dibagi-bagi di tengah-tengahmu.
  2. Dan Aku akan mengumpulkan semua bangsa ke Yerusalem untuk peperangan. Dan kota itu akan direbut, dan rumah-rumah akan dijarah, dan wanita-wanita akan diperkosa, dan setengah dari kota itu akan keluar ke pembuangan, tetapi sisa dari umat itu tidak akan diangkut dari kota itu.”
  3. Lalu YAHWEH akan keluar, dan Dia akan terlibat perang dengan bangsa-bangsa itu, seperti waktu Dia terlibat perang pada hari pertempuran.
  4. Dan pada Hari itu (Yom YHWH), kaki-Nya akan berjejak di bukit Zaitun yang terletak di depan Yerusalem dari sebelah timur; dan bukit Zaitun itu akan terbelah menjadi dua dari timur ke barat, suatu lembah yang sangat besar, dan setengah dari bukit itu akan bergeser ke utara dan setengah lagi ke selatan.

Kitab Henokh 1:9

  1. Dan lihatlah, Dia (Messias) datang dengan beribu-ribu para kudus (pasukan malaikat surgawi) untuk menjalankan penghakiman atas mereka, dan akan menghancurkan orang fasik, dan akan menuntut pertanggungjawaban dari orang-orang berdosa dan orang-orang fasik yang telah dilakukan mereka terhadap Dia.

Yudas 1:14-15 (ILT-AYT)

  1. Dan juga kepada mereka ini, Henokh, generasi ketujuh dari Adam, bernubuat sambil mengatakan, “Lihatlah, YAHWEH datang dengan beribu-ribu orang kudus-Nya (Yunani:hagios; para kudus/malaikat, orang kudus),
  2. untuk menjalankan penghakiman atas semua orang; menghukum semua orang fasik atas semua perbuatan fasik yang mereka lakukan dengan cara yang fasik, dan atas semua perkataan kasar yang telah ucapkan oleh orang-orang berdosa yang fasik terhadap Elohim.”

Kitab Henokh 100:1-5

  1. Dan pada hari-hari itu, ayah akan saling bunuh dengan anak-anaknya di satu tempat, dan saudara dengan saudara akan jatuh mati bersama-sama, sampai darah mereka mengalir seperti sungai.
  2. Karena manusia tidak akan berbelas kasihan, dan tidak akan menahan tangannya untuk membunuh anak-anaknya dan keturunan anak-anaknya; dan orang berdosa tidak akan menahan tangannya dari saudaranya yang dihormati; mereka akan saling membunuh dari fajar menyingsing sampai matahari terbenam. [Yehezkiel 38:21 (ILT) Dan Aku akan memanggil sebilah pedang melawannya di atas semua gunung-Ku,” demikianlah firman Tuhan YAHWEH, “dan pedang tiap-tiap orang akan melawan saudaranya. Zakharia 14:12-13 (AYT) Inilah tulah yang akan ditimpakan YHWH kepada bangsa-bangsa yang memerangi Yerusalem: daging mereka akan membusuk, sementara mereka masih berdiri, mata mereka akan menjadi busuk dalam lekuknya, dan lidah mereka akan menjadi busuk dalam mulut mereka. Pada waktu itu, kegemparan besar dari YHWH akan melanda mereka, sehingga tiap-tiap mereka akan memegang tangan temannya dan mengangkat tangannya melawan kawannya.]
  3. Dan kuda akan berjalan dengan dadanya dalam darah orang-orang berdosa, dan kereta akan tenggelam dalam ketinggiannya. [Wahyu 14:19-20 (ILT) Dan malaikat itu mengayunkan sabitnya ke bumi dan mengumpulkan anggur dari bumi, dan melemparkannya ke dalam pemerasan anggur amarah Elohim yang dahsyat. Dan pemerasan anggur itu diinjak-injak di luar kota itu; dan darah mengalir dari pemerasan anggur itu sampai setinggi kekang kuda, sejauh seribu enam ratus stadia.]
  4. Dan pada hari-hari itu, para malaikat akan datang ke tempat-tempat rahasia, dan akan mengumpulkan di satu tempat (Harmageddon) semua orang yang membantu dosa; dan Yang Maha Tinggi akan muncul pada hari itu (Yom YHWH) untuk menjalankan penghakiman yang besar atas semua orang berdosa.
  5. Tetapi atas semua orang benar dan orang kudus, Dia akan menempatkan para malaikat kudus sebagai penjaga untuk mengawasi mereka seperti biji mata, sampai Dia membuat suatu akhir bagi semua kejahatan dan semua dosa; dan bahkan jika orang kudus itu tidur panjang, tidak akan ada yang perlu ditakutkan.

Kesimpulan

Dari poin-poin di atas, kita bisa melihat kesesuaian antara Perang Gog dan Magog dalam Yehezkiel 38-39 dengan Perang Harmageddon dalam Wahyu 16:12-21, yang nampaknya terjadi di antara Cawan Murka yang ke-6 dan yang ke-7. Jadi, sepertinya memang benar bahwa Perang Harmageddon itu sama dengan Perang Gog dan Magog yang tertulis dalam Yehezkiel 38-39.

Yehezkiel 39:4 (ILT) Engkau (Gog) akan rebah di atas gunung-gunung Israel, engkau dan seluruh pasukanmu, dan orang-orang yang ada bersamamu (Gog dan Magog).

Yehezkiel 39:11 (ILT) “Pada hari itu Aku akan memberikan kepada Gog suatu tempat di sana, sebuah kuburan di Israel, yakni lembah penyeberangan bagi orang-orang yang melewatinya, di sebelah timur laut. Dan kuburan itu menghalangi orang yang menyeberang. Dan mereka akan menguburkan Gog di sana dan semua kelompoknya, dan tempat itu akan disebut lembah Hamon-Gog (Lembah Kerumunan Orang Banyak Gog atau Lembah Pasukan Gog).

Referensi:

Yehezkiel 38:1-23 (ILT)

Nubuat Terhadap Gog
  1. Dan datanglah firman YAHWEH kepadaku, yang mengatakan,
  2. “Hai anak manusia, arahkanlah wajahmu terhadap Gog di Tanah Magog, raja agung dari Rosh, Mesekh, dan Tubal, dan bernubuatlah terhadap dia.
  3. Dan engkau harus mengatakan: Beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: Lihat, Akulah lawanmu, hai Gog, raja agung dari Rosh, Mesekh dan Tubal.
  4. Aku akan membalikkan punggungmu dan memasang pengait pada rahangmu, dan Aku akan membawa engkau dan semua pasukanmu, pasukan berkuda, keluar; mereka semua berpakaian lengkap, kumpulan orang banyak dengan perisai besar dan kecil, mereka semua yang memegang pedang.
  5. Orang Persia, Etiopia, dan Libia bersama mereka, mereka semua dengan perisai dan ketopong.
  6. Gomer dan seluruh pasukannya, keluarga Togarma dari sebelah utara dan semua pasukannya, banyak bangsa ada bersamamu.
  7. bersiaplah! Ya, persiapkanlah dirimu sendiri, engkau dan seluruh kumpulanmu yang telah dikumpulkan kepadamu; dan engkau akan menjadi penjaga bagi mereka!
  8. Sesudah berhari-hari engkau akan dikunjungi. Dan sesudah bertahun-tahun, engkau akan masuk ke sebuah negeri yang telah berbalik dari pedang itu, yang dikumpulkan dari banyak bangsa di atas Pegunungan Israel yang telah lama menjadi reruntuhan, tetapi dia telah dibawa keluar dari tengah bangsa-bangsa dan mereka semua akan tinggal dengan aman.
  9. Engkau akan muncul, engkau akan datang seperti sebuah angin badai, engkau akan seperti awan menutupi negeri itu, engkau dan seluruh pasukanmu dan banyak bangsa bersama engkau.”
  10. Beginilah Tuhan YAHWEH berfirman, “Akan terjadi pada hari itu, perkataan-perkataan akan timbul dari dalam hatimu, dan engkau merancang suatu rancangan yang jahat.
  11. Engkau akan mengatakan: Aku akan pergi ke negeri tanpa benteng, aku akan pergi kepada mereka yang merasa tenang, yang hidup dengan aman, mereka semua hidup tanpa tembok –dan tidak ada palang atau gerbang bagi mereka—
  12. untuk menjarah jarahan dan menerkam mangsa, untuk mengembalikan tanganmu ke atas reruntuhan yang didiami, dan terhadap orang-orang yang dikumpulkan dari bangsa-bangsa, yang mengusahakan kawanan ternak dan harta benda, yang tinggal di tengah-tengah negeri.
  13. Sheba dan Dedan dan pedagang-pedagang Tarsis dan semua singa mudanya akan berkata kepadamu: Apakah engkau datang untuk menjarah barang jarahan? Apakah engkau mengumpulkan sekutumu untuk merampas barang rampasan, untuk mengangkut perak dan emas, untuk mengambil kawanan ternak dan harta benda, untuk menjarah barang jarahan yang banyak?
  14. Oleh karena itu bernubuatlah, hai anak manusia, dan engkau harus mengatakan kepada Gog: Beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: Tidakkah engkau mengetahui bahwa pada hari itu umat-Ku Israel diam dengan aman?
  15. Engkau akan datang dari tempatmu di sebelah utara, engkau dan dengan banyak bangsa besertamu, semua yang menunggang kuda, suatu kumpulan yang besar, dan suatu pasukan yang kuat.
  16. Engkau akan datang atas umat-Ku Israel seperti segumpal awan, menutupi negeri itu. Dan akan terjadi pada hari-hari terakhir, Aku akan membawa engkau ke atas tanah-Ku, supaya bangsa-bangsa mengenal Aku, ketika Aku dikuduskan melalui engkau di depan mata mereka, hai Gog.
  17. Beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: Apakah engkau orang yang telah Aku katakan pada waktu dahulu dengan perantaraan hamba-hamba-Ku, para nabi Israel, yang tahun demi tahun bernubuat pada hari-hari itu, untuk membawa engkau kepada mereka?
  18. Dan akan terjadi pada waktu itu, ketika Gog datang melawan Tanah Israel,” firman Tuhan YAHWEH, “amarah-Ku akan tampak di wajah-Ku.
  19. Dan dalam kecemburuan-Ku, di dalam api murka-Ku, Aku telah berfirman: Sesungguhnya, pada hari itu akan terjadi gempa bumi yang besar di sana, di Tanah Israel.
  20. Dan ikan-ikan di laut, dan burung-burung di langit, dan binatang-binatang di hutan, dan segala binatang melata yang merayap di bumi, dan semua manusia di permukaan bumi akan gemetar terhadap wajah-Ku. Dan gunung-gunung akan runtuh, dan lereng-lereng akan longsor, dan setiap tembok akan runtuh ke tanah.
  21. Dan Aku akan memanggil sebilah pedang melawannya di atas semua gunung-Ku,” demikianlah firman Tuhan YAHWEH, “dan pedang tiap-tiap orang akan melawan saudaranya.
  22. Dan Aku akan menghukumnya dengan tulah dan darah, dan hujan yang lebat, dan hujan batu. Aku akan menurunkan hujan api dan belerang atasnya, dan ke atas pasukan-pasukannya, dan ke atas banyak bangsa yang bersamanya.
  23. Dan Aku akan meninggikan diri-Ku sendiri dan menguduskan diri-Ku. Dan Aku akan dikenal di depan mata banyak bangsa, dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah YAHWEH.”

Yehezkiel 39:1-29 (ILT)

  1. “Dan engkau, hai anak manusia, bernubuatlah terhadap Gog dan engkau harus mengatakan: Beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: Lihat, Aku akan melawanmu, hai Gog, raja agung Rosh, Mesekh dan Tubal!
  2. Dan Aku akan membawa engkau kembali dan menuntunmu. Dan Aku akan membawa engkau naik dari sebelah utara dan akan membawa engkau ke Pegunungan Israel.
  3. Aku akan memukul busurmu lepas dari tangan kirimu, dan Aku akan membuat anak-anak panahmu berjatuhan dari tangan kananmu.
  4. Engkau akan rebah di atas Pegunungan Israel, engkau dan seluruh pasukanmu, dan orang-orang yang ada bersamamu. Aku telah memberikan engkau sebagai makanan bagi burung pemangsa dari segala jenis yang bersayap, dan binatang-binatang buas di padang.
  5. Engkau akan jatuh di permukaan padang, karena Aku sudah mengatakannya,” firman Tuhan YAHWEH.
  6. “Aku akan mengirimkan api ke atas Magog dan ke atas orang-orang yang tinggal dengan aman di pesisir. Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah YAHWEH.
  7. Aku akan memperkenalkan Nama kudus-Ku di tengah-tengah umat-Ku Israel. Dan Aku tidak akan membiarkan Nama kudus-Ku dicemarkan lagi. Dan bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa Akulah YAHWEH, Yang Mahakudus ada di Israel.
  8. Lihatlah yang datang! Dan, hal itu telah terjadi,” firman Tuhan YAHWEH. “Itulah masa yang telah Aku katakan.
  9. Dan orang-orang yang tinggal di kota-kota Israel akan keluar, dan akan menyalakan api serta membakar semua senjata itu, bahkan perisai kecil dan besar, busur dan anak panahnya, tongkat pemukul dan tombak. Dan mereka akan membakarnya dengan api selama tujuh tahun.
  10. Dan mereka tidak akan mengambil kayu dari padang, dan tidak akan menebang pohon-pohon di hutan; karena mereka akan membakar senjata-senjata itu dengan api. Dan mereka akan menjarah orang-orang yang menjarah mereka, dan merampok orang-orang yang merampok mereka,” firman Tuhan YAHWEH.
  11. “Pada hari itu Aku akan memberikan kepada Gog suatu tempat di sana, sebuah kuburan di Israel, yakni lembah penyeberangan bagi orang-orang yang melewatinya, di sebelah timur laut. Dan kuburan itu menghalangi orang yang menyeberang. Dan mereka akan menguburkan Gog di sana dan semua kelompoknya, dan tempat itu akan disebut Lembah Hamon-Gog.
  12. Dan keluarga Israel akan menguburkan mereka, selama tujuh bulan, dengan maksud untuk menahirkan negeri itu.
  13. Dan seluruh penduduk negeri itu akan menguburnya, dan hal itu akan menjadi kenamaan bagi mereka, ketika Aku dimuliakan,” firman Tuhan YAHWEH.
  14. “Mereka akan memisahkan orang-orang yang terus-menerus menjelajahi negeri itu untuk menguburkan orang-orang yang bergelimpangan di atas permukaan tanah itu, dengan maksud untuk mentahirkannya. Pada akhir bulan ketujuh, mereka akan mencarinya.
  15. Sementara mereka menyeberangi, mereka yang menyeberangi tanah itu, dan seseorang yang melihat sepotong tulang, maka dia akan membuat tiang di sampingnya, sampai tukang-tukang kubur menguburkannya di Lembah Hamon-Gog.
  16. Dan juga nama kota itu Hamon. Dan mereka akan menahirkan tanah itu.
  17. Dan kamu, hai anak manusia, beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: Katakanlah kepada burung dari segala jenis yang bersayap dan segala binatang buas di padang: Berkumpullah dan datanglah, berhimpunlah kamu dari segala penjuru pada perjamuan kurban yang Kuadakan bagi kamu, yaitu suatu perjamuan kurban yang besar di atas Pegunungan Israel, sehingga kamu dapat makan daging dan minum darah.
  18. Kamu akan makan daging orang yang kuat dan minum darah raja-raja bumi, domba jantan, anak domba, kambing jantan, dan lembu, semua ternak yang gemuk dari Bashan.
  19. Kamu akan makan lemak sampai kenyang dan minum darah sampai mabuk dari kurban-Ku yang telah Aku kurbankan bagimu.
  20. Dan kamu akan menjadi kenyang di meja-Ku, beserta kuda-kuda dan kereta-kereta perang, dan orang-orang yang kuat, dan semua prajurit perang, firman Tuhan YAHWEH.
  21. Dan Aku akan menaruh kemuliaan-Ku di antara bangsa-bangsa, dan semua bangsa akan melihat penghakiman-Ku yang telah Aku lakukan dan tangan-Ku yang telah Aku taruh di atas mereka.
  22. Demikianlah keluarga Israel akan mengetahui bahwa Akulah YAHWEH, Elohim mereka, mulai hari itu dan seterusnya.
  23. Dan bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa keluarga Israel menjadi orang buangan karena kesalahan mereka sendiri, karena mereka telah mengkhianati Aku sehingga Aku menyembunyikan wajah-Ku terhadap mereka dan menyerahkan mereka ke dalam tangan musuh-musuhnya. Dan mereka semua jatuh oleh pedang, mereka semua.
  24. Sesuai dengan kenajisan dan dengan dosa-dosa mereka, Aku telah bertindak kepada mereka, dan menyembunyikan wajah-Ku terhadap mereka.”
YAHWEH Akan Memulihkan Israel
  1. Oleh karena itu beginilah Tuhan YAHWEH berfirman: “Sekarang Aku akan memulihkan ketertawanan Yakub, dan akan berkemurahan hati kepada semua keluarga Israel, dan akan menjadi cemburu bagi kekudusan Nama-Ku.
  2. Dan mereka sudah menanggung aib mereka dan segala ketidaksetiaan yang telah mereka lakukan terhadap Aku, ketika mereka tinggal di tanah mereka dengan aman, dan tidak ada apa pun yang menakutkan.
  3. Pada saat Aku telah mengembalikan mereka dari bangsa-bangsa, dan mengumpulkan mereka keluar dari tangan musuh-musuh mereka, dan Aku dikuduskan di dalam mereka di depan mata banyak bangsa;
  4. kemudian mereka akan mengetahui bahwa Akulah YAHWEH, Elohim mereka, yang telah membuang mereka ke antara bangsa-bangsa. Namun Aku telah mengumpulkan mereka kembali ke tanah mereka, dan Aku tidak meninggalkan seorang pun dari mereka di sana.
  5. Dan Aku tidak akan lagi menyembunyikan wajah-Ku terhadap mereka, karena Aku telah mencurahkan Roh-Ku ke atas keluarga Israel,” firman Tuhan YAHWEH.

Baca:

Kedatangan Nibiru-Planet X Memicu Perang Gog dan Magog

Kedatangan Planet X dan Permulaan Tribulasi: 2/3 Penduduk Bumi akan Musnah?

Rapture: Kronologi Pengangkatan Gereja dan Kedatangan Yesus Kristus

Kebenaran Peristiwa Eksodus Diteguhkan oleh Dokumen Historis Mesir Kuno

Papyrus Ipuwer: Tulisan Mesir Kuno tentang Peristiwa Tulah-tulah Eksodus

Kesaksian Natan (Bag. 2), Remaja Israel yang Melihat Gog dan Magog, Kedatangan Messias, Peperangan Tuhan, Kebangkitan Orang Mati

Apa Penyebab Banjir Nuh? Bukti Alkitabiah Mengguncangkan Para Peneliti

Rabbi Yahudi: Kedatangan Nibiru Penyebab Banjir Besar di Zaman Nuh

Perang Nuklir dan 3 Hari Kegelapan Akan Terjadi Sebelum Kedatangan Messias, Kata Pakar Nubuat Alkitab

Kitab Henokh

Referensi:

What are Gog and Magog?

The War of Gog & Magog

Gog, Magog, Israel and Russia

The Absolute Truth – Who is Gog and Magog?

Iklan