Amsal 4:23
Lebih dari segala penjagaan, jagalah hatimu! Karena dari dialah keluaran-keluaran kehidupan.

Ada satu area dalam kepribadian Anda yang lebih penting daripada lainnya, yaitu hati Anda. Keadaan hati Anda akan menentukan arah hidup Anda. Anda dinasehati dan ditegur oleh Tuhan untuk menjaga hati Anda lebih dari segala sesuatunya. Itu adalah hal paling penting yang diserahkan kepada penjagaan Anda, kondisi hati Anda sendiri.

Jagalah hati Anda dengan segenap kekuatan Anda, karena segala sesuatu yang ada dalam hidup ini berasal dari situ.

Segala sesuatu dalam hidup Anda pada akhirnya berasal dari hati Anda. Kondisi hati Anda akan menentukan kondisi hidup Anda. Jagalah dengan segenap kekuatan Anda. Jangan biarkan apa pun yang jahat masuk; jangan memberi ruang pada ketidakpercayaan, pada kepahitan, pada ketakutan, pada kecemasan, karena jika ada hal-hal pahit di hati Anda, maka akan ada kepahitan dalam hidup Anda. Tetapi jika hati Anda murni dan bersih, jika hati Anda dipenuhi dengan iman dan kasih dan kebenaran dan kesalehan, maka arah hidup Anda adalah arah keberhasilan.

Jadi, ingatlah hal itu. Jagalah hati Anda dengan segenap kekuatan Anda agar segala hal yang ada dalam hidup keluar dari padanya.

Jangan berdoa supaya Tuhan yang menjaga hati Anda. Karena itu tidak sesuai dengan Kitab Suci. Anda sendiri yang harus menjaga hati Anda, supaya segala sesuatu yang buruk tidak Anda masukkan ke dalam hati Anda. Anda yang bertanggung jawab. Bukan Tuhan.

Lebih jauh David berkata,
Firman-Mu aku simpan di dalam hatiku, supaya aku tidak berdosa terhadap Engkau.
(Ps 119:11)