Daniel 9:24 (ILT)  Tujuh puluh pekan telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu yang kudus, untuk melenyapkan pelanggaran, dan untuk mengakhiri dosa, dan untuk menghapuskan kesalahan, dan untuk mendatangkan kebenaran yang kekal, dan untuk memeteraikan penglihatan dan nubuat, dan untuk mengurapi Yang Mahakudus.

Sebuah interpretasi samar-samar berumur 300 tahun dari Kitab Daniel menunjukkan perhitungan “tepat” yang nampaknya mengindikasikan bahwa sang Nabi berbicara bahwa tahun ini (tahun Ibrani 5777), akan mendatangkan Akhir Zaman. Salah seorang rabbi sepakat, percaya bahwa rahasia-rahasia kuno tersembunyi Kitab Daniel sekarang ini sedang diungkapkan seperti belum pernah terjadi sebelumnya.

Sebagai salah satu sumber-sumber nubuat terpenting yang berbicara mengenai Hari-hari Terakhir, nubuat 70 Minggu Daniel jelas-jelas berbicara tentang Akhir Zaman, namun isinya penuh dengan teka-teki dan sulit dimengerti.

Salah satu penjelasan diungkapkan oleh Yeranen Yaakov, yang mengambil sumber esoterik bernama Bet Aked Hagudot, yang ditulis pada abad ke-17 oleh Rabbi Meir Halevi Horowitz. Rabbi Horowitz mengumpulkan ajaran-ajaran tentang Hari-hari Terakhir dan menyusun teori tentang Kitab Daniel.

Daniel 12:7 (TB)  Lalu kudengar orang yang berpakaian kain lenan, yang ada di sebelah atas air sungai itu bersumpah demi Dia yang hidup kekal, sambil mengangkat tangan kanan dan tangan kirinya ke langit: “Satu masa (Ibrani: mo’ed) dan dua masa (Ibrani: mo’adim) dan setengah masa (Ibrani: chetzi); dan setelah berakhir kuasa perusak bangsa yang kudus itu, maka segala hal ini akan digenapi!”

Banyak pengajar nubuatan Alkitab menafsirkan “satu masa” itu sama dengan satu tahun. Namun Rabbi Horowitz menginterpretasikan satu “masa” sebagai 700 tahun. Dia mendasarkan hal tersebut pada tiga alasan:

  1. Itu berhubungan dengan jumlah tahun-tahun dimana Israel membuat marah Elohim, sejak waktu Yoshua membawa bangsa Israel masuk ke Tanah Perjanjian, yang menurut Rabbi Horowitz berjumlah total 700 tahun.
  2. Menurut Talmud, Goyim (bangsa-bangsa non Yahudi) diberikan waktu 1000 tahun untuk menaklukkan bangsa Yahudi. Rabbi Horowitz mengurangkan 300 tahun pembuangan di Babel, Yunani, dan Persia dari jumlah total tersebut, dimana Israel harus menderita.
  3. Rabbi Horowitz juga menginterpretasikan tujuh puluh minggu yang dituliskan dalam Kitab Daniel sebagai berjumlah total 50 siklus shmittah (tahun Shabbat) ganda. Satu siklus shmittah adalah tujuh tahun. Double Shabbat berarti 14 tahun. 50 siklus 14 tahun sama dengan 700 tahun.

Yeranen Yaakov kemudian melakukan kalkulasi berdasarkan kalimat Daniel, “satu masa, dan dua masa, dan setengah masa”; dengan menambahkan “satu masa” (mo’ed), yakni satu, “dua masa” (mo’adim), yakni dua, dan kemudian “setengah masa” (chetzi), yakni setengah. Totalnya 3,5 masa. Menggunakan interpretasi Rabbi Horowitz dimana “satu masa” sama dengan 700 tahun, dikalikan 3,5 masa hasilnya adalah 2450 tahun.

Yeranen Yaakov menghitung permulaan pembuangan Israel dari tahap pertama Pembuangan Babel, yang dimulai dalam tahun Ibrani 3327 (434 SM). Jika ditambahkan 2450 tahun, sebagai jumlah total untuk “satu masa, dua masa, dan setengah masa” dari Kitab Daniel, akan diperoleh hasil bahwa tahun Ibrani dimana Messias seharusnya datang adalah tahun 5777 – yakni tahun Ibrani sekarang ini.

Yeranen Yaakov melanjutkan dengan menunjukkan ayat lain yang berbicara tentang Pembuangan Babel menggunakan ekspresi “mo’adim” (masa), sama seperti yang ada di Kitab Daniel. Nubuat dalam Yeremia mengandung petunjuk bahwa tahun 5777, adalah tahun terakhir sebelum Messias. Nubuat itu menggambarkan penglihatan profetik bahwa sesudah pembuangan, akan ada masanya untuk kembali ke Tanah Israel.

Yeremia 24:1 (ILT)  YAHWEH menunjukkan kepadaku, dan lihatlah, dua keranjang buah ara yang terletak di depan tempat suci YAHWEH, setelah Nebukadnezar, raja Babilon, mengasingkan Yekhonya anak Yoyakim, raja Yehuda, dan para penguasa Yehuda, beserta para tukang dan pandai besi dari Yerusalem, dan membawa mereka ke Babilon.

Gematria (interpretasi numerik) dalam Ibrani dari kata-kata dalam ayat tersebut, dimulai dengan kata-kata “di depan tempat suci”, sama dengan 5777.

Para sarjana Alkitab, termasuk fisikawan Sir Isaac Newton, telah mencoba menginterpretasikan Kitab Daniel selama ribuan tahun, lalu apa yang menjadikan interpretasi yang kali ini berbeda? Menurut Rabbi Yosef Berger, rabbi dari Makam Raja Daud di Gunung Zion, menjelaskan kenapa nubuat-nubuat kuno seperti Daniel dipelajari dengan pemahaman baru sekarang ini.

“Yang ditulis Daniel tentang Akhir Zaman, rabbi-rabbi terbesar kita telah telah berusaha memahaminya selama bergenerasi-generasi. Tapi arti sesungguhnya, secara Ilahi memang dengan sengaja disembunyikan. Daniel sendiri menuliskan bahwa hal-hal ini akan tetap tersembunyi sampai kepada Akhir Zaman,” katanya.

Daniel 12:9 (ILT)  Dan Dia berkata, “Pergilah, Daniel! Sebab firman ini akan tertutup dan termeterai sampai akhir zaman.

Rabbi Berger mengingatkan bahwa Rambam, Rabbi Mosheh Ben Maimon, otoritas Sephardic Torah terkemuka abad pertengahan, melarang usaha-usaha untuk menentukan tanggal tepat kapan kedatangan Messias. Tapi Rabbi Berger percaya bahwa hal ini tidak berlaku lagi di zaman kita.

“Ada tertulis di dalam Zohar (kitab spiritual Yudaisme) bahwa pada hari-hari sebelum Messias, seluruh rahasia-rahasia akan diungkapkan, dan bahkan anak-anak kecil akan dapat menjelaskan nubuat-nubuat dan sumber-sumber yang sulit dipahami,” kata Rabbi Berger menyimpulkan. “Sekarang ini, dalam zaman kita, segala sesuatu sedang dibuka. Kita menemukan sumber-sumber yang memberikan petunjuk tentang Messias yang sudah ada selama bergenerasi-generasi, dan hanya baru sekarang-sekarang ini kita dapat menginterpretasikannya dengan benar. Ini tanda-tanda yang jelas bahwa semuanya itu sekarang ini memang dimaksudkan untuk diungkapkan.”

Tanda Perempuan dan Naga

Apakah Akhir Zaman akan dimulai dalam tahun 5777? Apakah “Messias” Yahudi akan datang dalam tahun 5777? Kita belum bisa mengetahuinya dengan pasti.

Namun ada dua hal yang pasti.

Pertama, sebelum kedatangan Messias Yeshua pada Hari Terakhir, seorang Anti-Messias (atau Anti-Kristus) akan dinyatakan terlebih dahulu kepada dunia.

2 Tesalonika 2:3-4 (ILT)  Biarlah tidak seorang pun menyesatkan kamu dengan cara apa pun, kecuali bahwa pertama-tama kemurtadan itu datang dan Manusia Pendosa, yaitu Anak Kebinasaan itu disingkapkan, yakni dia yang menentang dan meninggikan dirinya atas segala sesuatu yang disebut elohim atau sesuatu yang disembah, sehingga dia duduk sebagai Elohim di tempat kudus Elohim sambil menyatakan dirinya bahwa dia adalah Elohim.

1 Yohanes 2:18 (ILT)  Hai anak-anak kecil, inilah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar bahwa seorang Anti-Kristus sedang datang, sekarang bahkan banyak antikristus telah muncul, dari itu kita tahu bahwa ini adalah waktu yang terakhir.

Kata “anti” (G473) di dalam bahasa Yunani artinya: lawan, musuh, menggantikan (posisi), pengganti, substitusi.

Jadi Anti-Messias atau Anti-Kristus artinya “seseorang” yang menggantikan posisi Messias yang benar, atau dengan kata lain: Messias Palsu.

Kedua, pada tanggal 23 September 2017 (waktu Yerusalem), tanda astronomi Alkitab akan muncul di langit. Para ahli eskatologi Alkitab (pengajaran Akhir Zaman) menyebutnya “Tanda Wahyu 12,” yakni tanda “Perempuan dan Naga.” Wahyu 12:1-3 (ILT) 

  1. Dan terlihatlah suatu tanda besar di langit, seorang wanita dengan berselubungkan matahari dan bulan di bawah kakinya dan mahkota dua belas bintang pada kepalanya.
  2. Dan ketika mengandung dalam rahimnya, dia berteriak karena menderita sakit bersalin dan karena tersiksa pada saat melahirkan.
  3. Dan terlihatlah suatu tanda lain di langit, dan lihatlah, seekor naga merah besar yang mempunyai tujuh kepala dan sepuluh tanduk, dan di atas kepalanya ada tujuh mahkota.

Yang menjadikan hal ini sangat penting adalah fakta bahwa peristiwa kemunculan “Tanda Besar di Langit” ini bertepatan dengan Hari Raya Yahudi (mo’edim) Yom Teru’ah, yakni Hari Raya Peniupan Sangkakala atau Rosh Hashanah, yang juga memiliki arti berakhirnya tahun 5777 dan dimulainya tahun baru Yahudi 5778.

Baca:

Hari Kelahiran Yesus Kristus Dinyatakan dengan Tepat dalam Alkitab dan Bible Code: Itu Bukan 25 Desember!

Yom Teru’ah: Hari Yang Tidak Diketahui Seorang Pun!

Referensi:

Yeranen Yaakov

Revelation 12 Sign

Ancient Secret of Daniel’s 70 Weeks Predicts End of Days Will Come This Year

Iklan